Workshop Kaiwa ASPBJI Korwil Bali-Nusa Tenggara

Pada Senin, 15 Januari 2024, Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia (ASPBJI) Korwil Bali-Nusa Tenggara, The Japan Foundation Jakarta bekerja sama dengan Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menyelenggarakan Workshop Pengajaran Kaiwa (Percakapan Bahasa Jepang) yang ditujukan khusus kepada para pengajar bahasa Jepang di seluruh Bali dan Nusa Tenggara.

Workshop yang dilaksanakan di Ruang Dr. Ir. Soerkarno FIB Unud ini mengundang dua orang narasumber dari The Japan Foundation yakni Shinohara Aki dan Abigail Indriana M.

Ketua Panitia kegiatan, Ngurah Indra Pradhana, S.S., M.Hum. (Ketua ASPBJI Korwil Bali-Nusa Tenggara) yang juga merupakan dosen program studi Sastra Jepang FIB Unud, menyatakan bahwa kegiatan ini memperoleh animo yang sangat tinggi dari peserta, bahkan panitia harus menutup pendaftaran lima hari sebelum kegiatan dilaksanakan karena kuota peserta yang sudah terpenuhi.

“Bapak Dekan, serta Bapak/Ibu lainnya animo untuk mengikuti kegiatan pada hari ini cukup tinggi. Lima hari sebelum kegiatan, kuota peserta sudah terpenuhi. Sehubungan bentuk kegiatan nanti berupa workshop sehingga kami harus membatasi 30 peserta saja. Adapun peserta pada pagi hari ini, berasal dari Universitas Udayana skaligus tuan rumah penyelenggaraan workshop hari ini, dari Universitas Maha Saraswati-Denpasar, Politeknik Pariwisata Bali, ISI Denpasar, SMA N 1 Manggis, SMA N 1 Mendoyo, SMA N 1 Nusa Penida, SMA N 1 Kuta, SMK N 5 Denpasar, SMA N 8 Denpasar, SMA PGRI 2 Denpasar, dan SMA Kertha Wisata Denpasar. Selain itu, hadir pula pengajar dari LPK yakni dari LPK Dwipayana Cipta Karya.”, papar Indra Pradhana, M.Hum. dalam laporannya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FIB Unud, Dr. I Gde Oeinada, S.S., M.Hum., yang pada kesempatan tersebut mewakili Dekan FIB Unud, berharap kegiatan workshop yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dalam meningkatkan kemampuan dalam bahasa Jepang.

“Semoga dengan diadakannya workshop pada hari ini, dapat memberikan ilmu pengetahuan, pengalaman dan manfaat bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Jepang”, ungkap Dr. Oeinada sebelum membuka acara secara resmi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kerja sama ketiga antara ASPBJI Korwil Bali-Nusa Tenggara dan Program Studi Sastra Jepang FIB Unud, setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Seminar Nasional “Improving Japanese Language Skill” pada 18 Agustus 2023 dan Kuliah Umum Pembelajaran Budaya dan Kehidupan di Jepang pada 23 September 2023 silam.

 

Berita disadur dari: https://fib.unud.ac.id/posts/bekerja-sama-dengan-aspbji-korwil-bali-nusa-tenggara-dan-the-japan-foundation-jakarta-prodi-sastra-jepang-fib-unud-jadi-tuan-rumah-workshop-pengajaran-kaiwa



Leave a Reply